Sabtu, 21 Mei 2011

cara mudah belajar bahasa jepang ^^



 cara mudah berbahasa jepang ^^






"hajime(はじめ)" = untuk memulai sesuatu
Contoh:
  • Hajimemashite(はじめまして) = perkenalkan, ...
  • Hajimemashou(はじめましょう) = mari kita mulai ...
  • Hajimete(はじめて) = baru pertama kali melakukan sesuatu
  •  [___] ni kitte kudasai = tanyalah kepada Pak / Bu [___]
  • issho ni = bersama-sama
  • mou ichi do = sekali lagi
  • mou ichi do onegaishimasu = tolong sekali lagi dong...
  • yukkuri = perlahan-lahan
  • yukkuri onegaishimasu = tolong perlahan-lahan dong.
  • okurete doumo sumimasen = maaf, saya terlambat
·         Biasanya ngapain? ( Itsumo nani shiten no?)
·         Kamu Cute banget deh <atau> cantik de. ( Kimi tte hontou ni kawaii ni <atau> kirei dayo)
·         Sifat kamu menyenangkan ( kimi no seikaku suki dayo )
·         Kamu menarik. ( Kimi tte miryo kuteki dane )
·         Aku pengen/seneng ngomong sama kamu ( kimi to motto hanashitai )
·         Aku suka rambut kamu ( kimi no heiru ga suki )
·         Pakaian mu trendy/bagus deh ( fuku no sensu ga ii na)
·         Udah punya pacar/pasangan belom? ( Tsukiatteru hito iru? )
·         Kamu pasti udah punya pasangan ( kareshi ippai irun darou )
·         Kamu populer sih ( Moteru darou )
·         Aku selalu kepikiran kamu ( kimi no koto ichinichi ju kangaeteru yo )
·         Aku ngga bisa berhenti mikirin kamu (kimi no koto bakkari kangaeteta )
·         ntar Malam ngapain yuk ( Kon ya nani shitai? )
·         Kencan (ama gue) yuk ( Boku to dekakenai )
·          Ya, mau ( hai, so shimashou = baiklah! )
Cara lain:
  • karimashita
  • sore kara karimashita
  • Tidak! Tidak mau ( iie, arigatou = Nggak mau! )
 Shitsurei-shimasu = Ma'af mengganggu(karena telat).
Okurete sumimasen = Sorry gue telat.n
Menyatakan "milik" dalam bahasa jepang cukup dengan menambahkan artikel "no"
  • Watashi/Atashi/Boku/Ore no = Milik Saya. (ket:OOT: Watashi/Atashi/Boku/Ore artinya sama yaitu "gue". Pilih salah satu, jangan kemaruk.)
  • Anata/Kimi/Omae no = Milik Kamu. (ket:OOT lagi: Anata/Kimi/Omae artinya sama yaitu "Elo". Pilih juga salah satu, sesuai tempat dan keadaan.)
  • Kanojo no = Milik dia(perempuan).
  • Watashi no KURuma = Bo'il gue / My CAR. Kalau mengikuti urutan kata maka artinya: "Owa Punya Mobil"
  • Anata no BASu = Lu Olang punya Bus.. HAAAIIYAAAAA..
  • kira-kira = "gurai" atau "goro" (gurai untuk berapa lama sedangkan goro untuk kapan kira-kira)
  • nanji goro = kira-kira jam berapa
  • nanji kan gurai = kira-kira berapa lama
  • nannin gurai = kira-kira berapa orang (eg. Nihonjin wa nanin gurai imasuka = Orang jepun ada berapa?)
  • dono kurai = Kira-kira berapa lama (eg.Toukyou kara Nikkou made kuruma de dono kurai kakarimasu ka = Dari Tokyo sampe Nikkou pake Bo'il kira-kira berapa lama perjalanankah?)
  • soro soro = siap - siap (perlahan-lahan)
Contoh:
  • soro soro, hajimemashou = perlahan-lahan, mari kita mulai
  • soro soro, owarimashou = perlahan-lahan, mari kita akhiri
  • soro soro, kaerimashou = perlahan-lahan, mari kita pulang
  • soro soro, kaerimashoo = perlahan-lahan, mari kita pulang
  • nanji goro kaerimasu ka? = jam berapa kira-kira pulangnya kah?

Menanyakan keadaan

- O genki desu ka = Bagaimana keadaan Anda? Sehat?

·         Okange sama desu = Alhamdulillah (saya sehat)

·         Chotto guai ga warui desu = Aduh, kurang sehat nih

·         Amari genki dewa arimasen = Tidak begitu sehat nih (agak formal, pake dewa)

·          Amari genki ja arimasen = Tidak begitu sehat nih (nggak formal, pake ja)

·         genki ja nai desu = Ngga sehat nih (nggak formal, pake ja nai)

- Daijobu desu ka? = Lo baek-baek aja?/ Are you OK?
·         Hai, Daijobu desu = Ya, baek-baek aja / OK
·          iiE, Daijobu ja nai = Engga, ngga baek-baek aja / No, not OK
- Mokarimakka? = Bisnis gimana?(bagaimana nyari duit?),frase ini dari Kansai/Osaka )
·         Bochi-bochi denna (Yah sedang OK lah/ baru akan mulai baik)

- Memperkenalkan orang lain

·         Gooshokai=memperkenalkan
  • kochira wa = ini adalah
  • sochira wa = itu adalah
  • achira wa = itu (jauh) adalah
Contoh:
  • kochira wa Abd Shomad-san desu = ini adalah Abd Shomad deh
  • sochira wa Ian-san desu = yang itu adalah Ian deh
  • achira wa Eriza-san desu = yang (jauh) itu adalah Eriza deh
Catatan: Untuk menyebutkan nama orang lain(yang bukan anak ingusan) biasanya ditambahkan "san". Tetapi tidak dengan nama sendiri.
bengoshi = pengacara, lawyer
benri = nyaman
daitouryou = presiden, huku daitouryou = wakil presiden
douzo = Silahkan. douzo yoroshiku = Senang bertemu denganmu. douzo yoroshiku onegaishimasu = Lebih sopan dari yang di atas, biasanya dipakai pada waktu pertemuan/konferensi.
doushite, doushita, doushita mono ka, doushitemo(pendeknya dari donna koto wo shite mo) = macam-macam "bagaimana". Doushite bisa juag diartikan sebagai "mengapa".
doya doya = datang dengan ramai, ramai
·         eetoo = tidak ada artinya, biasanya digunakan untuk jeda, sambil mikir mo ngomong apa
·         herikutsu = berkilah, berdalih, mencari-cari alasan, menghindar
·         hiru = kering, siang hari, lintah
·         hirusugi = sore (setelah siang)
·         hisashiburi = lama tidak berjumpa
·         kantan = mudah, gampang
·         kawai = imut
·         keitai-denwa = henpon, HP, telepon genggam
·         kosui = banjir!
·         kusou = bohong / pembohong , kalau di bagian ditambahkan awalan "chi" menjadi chi-kusoo artinya akan mirip dengan kata "Shit" dalam bahasa inggris.
·         kyou = hari ini. (Eg: kyou wa samui desu ne? = hari ini dingin yah?) ("kyo" dan "u" itu beda kanji, tapi tetap cara bacanya kyoo. Meskipun ada juga yang membaca kyou. ) (hati-hati jangan mengucapkan "kyou" saja sebelum tanda baca koma, karena ada 8 macam "kyou" yang bisa digunakan! Untungnya "kyou" yang ini saja yang memakai dua kanji(今日))
·         kyou = kitab suci budha
·         kyou = menteri
·         kyou = hiburan, senang
·         kyou = malang, sial
·         kyoukyou = gila
·         kyou = kuat
·         owari / owarimase= selesai
·         owarimashou = mari kita akhiri
[___]mashou = mari kita [___]
·         ookii, hajime, ooini, dai, ta = Gede/Besar
·         rou = tua..
·         rika = ilmu pengetahuan (sains)
·         shain = karyawan
·         shachoo = direktur, huku shachoo = wakil direktur
·         terebi = televise
orang jepang nggak bisa bilang "V". Bunyi "B" digunakan untuk menggantikan bunyi "V". orang jepang juga suka motong kata seenak perut mereka, sehingga yang seharusnya jadi "terebisi", disingkat jadi "terebi" saja.
·        Tori = Burung(unggas) / Bird.tori in-furu-en-za : burung influensa atau burung flu..
·        uisukii = whisky
·        ureshii = menyenangkan
·        Urusai = ribut, berisik, rewel
·        vodoka = Vodka
Macam-macam saya :
·        watashi = aku, saya (modern).
·        ware = saya(model lama).
·        watakushi = lebih formal.
·        atashi = dipakai oleh wanita.
·        atakushi = lebih formal.
Yang di atas adalah yang umum. Yang di bawah adalah versi khususnya.
·        boku = bahasa gaul, dipakai oleh lelaki biasanya.
·        ore = biasanya dipakai oleh pria, tetapi sangat jarang dipakai.
·        washi = Dipakai oleh pria tua ojiisan
·        asshi = Dipakai dari periode Edo, dipakai oleh pria.
·        temae = Dipakai oleh para pedagang dari periode Edo, sangat merendah.
·        sessha = Dipakai oleh samurai dari periode Edo. Agak merendah.
·        ora = Dipakai oleh anak-anak.
·        wagahai = Betul-betul tua. Cuma sedikit orang yang mengetahuinya sekarang.
·        uchi = Dipakai oleh wanita dan dialek Osaka(Osaka-ben).
·        soregashi = Dipakai oleh samurai di periode Edo(saja, tidak dipakai sekarang).
youkoso = Selamat datang, senang bertemu denganmu.
zanpan = Sisa makanan
Untuk mengakhiri sesuatu = "owarimasu"(おわりませ) atau "owarimase" (おわりませ, "owarimase"?)

 

 credit to : http://www.scribd.com/doc/55939611/Cara-Konyol-Belajar-Bahasa-Jepang

4 komentar:

  1. mbak .. cmn segini kamus jepangnya ?? mau nmbah wawasan nggak ??

    BalasHapus
  2. Post yang Anda Tulis Sangat Membantu Saya.. Jangan Lupa Kujungi Blog saya ^^ Sankyu!!
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    BalasHapus